VanBumen Explore

Candi Hindu Terbesar di Indonesia

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Candi Prambanan atau boleh juga dibilang Candi Roro Jonggrang, dibangun pada abad ke-9 masehi, merupakan sebuah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini didedikasikan untuk Trimurti, untuk tiga dewa yang utama di dalam keagamaan Hindu yaitu Brahma (Dewa Pencipta), Wishnu (Dewa Pemelihara) dan Siwa (Dewa Pemusnah). Berdasarkan pada prasasti Siwagrha, nama asli dari kompleks candi ini adalah Siwagrha yang artinya “Rumah Siwa”, dan betul saja di garbagriha (ruang utama) candi bersemayam sebuah patung Siwa Mahadewa yang tingginya mencapai 3 meter yang menonjolkan bahwa Siwa di kuil ini Siwa lebih dipilih dan diutamakan.

Candi Hindu Terbesar di Indonesia

Kompleks candi ini berada di daerah Klaten, tepatnya Kecamatan Prambanan dan juga Sleman, di Kecamatan Prambanan, kurang lebih 17 kilometer sebelah timur laut dari Yogyakarta, 50 kilometer sebelah barat daya Surakarta dan 120 kilometer sebelah selatan Semarang, persis di perbatasan di antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Lokasi candi ini sangat unik, pintu masuk untuk kompleks Candi Prambanannya berada di kawasan administrasi Desa Tlogo, Prambanan, Klaten, sementara untuk Candinya sendiri berada di kawasan administrasi Kecamatan Prambanan, Sleman, tepatnya di Desa Bokoharjo.

Candi Prambanan menjadi salah satu candi yang terindah dan termegah di seantero Asia Tenggara, dan juga telah masuk dalam situs yang sudah dilindungi dan diakui (Sebagai Situs Warisan Dunia) oleh UNESCO. Tinggi, ramping dan dengan gaya Hindunya, mungkin itulah ciri khas dari Candi Prambanan, dan juga di tengah kompleks yang terdapat banyaknya gugusan candi-candi yang lebih kecil di sekelilingnya, terdapat sebuah candi Siwa yang merupakan sebagai candi utama. Untuk kamu ketahui, tinggi candi Siwa-nya adalah 47 meter yang menjulang paling tinggi diantara candi-candi kecil di sekitarnya. Selain orang-orang lokal yang suka menjadi traveller untuk tujuan wisatanya, wisatawan asing di seluruh dunia juga memprioritaskan tempat wisata ini sebagai tempat tujuan untuk berwisatanya.

Menurut sumber sebuah prasasti yang bernama Siwagrha, Candi Prambanan mulai dibangun sekitar tahun 850 Masehi oleh raja keenam Kerajaan Medang, yaitu Rakai Pikatan, dan pada masa kerajaan Medang Mataram/Kerajaan Mataram Kuno tersebut, Candi Prambanan terus mengalami perubahan karena adanya pengembangan dan juga perluasan candi oleh Dyah Balitung/Balitung Maha Sambu.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Categories:   Wisata

Comments