VanBumen Explore

Menu

Kepribadian menurut pengertian sehari-hari

Sering kita mendengar kalimat, “Si Bagas itu berkepribadian pahlawan”, atau “Ratih punya kepribadian kartini sejati”.

Dari situ, seorang individu akan dinilai menggunakan parameter masyarakat/lingkungan sosial. Seorang individu diharapkan akan berperilaku sesuai dengan peran atau gambaran sosial yang diterima dari lingkungannya.

Kepribadian juga sering dikaitkan dengan ciri-ciri menonjol pada diri individu. Misalnya, kepada orang yang pemalu dikenakan atribut “berkepribadian pemalu”. Kepada orang supel diberikan atribut “berkepribadian supel” dan kepada orang yang plin-plan, pengecut, dan semacamnya diberikan atribut “tidak punya kepribadian”.

Kepribadian, dalam tata bahasa Inggris merujuk pada kata personality, berasal dari bahasa latin persone yang berarti ‘kedok’ atau ‘topeng’. Konon, istilah persone ini dipakai pada zaman romawi dalam sandiwara panggung.

Dalam perkembangannya, kata persona (personality) bergeser maknanya, lebih mengacu pada gambaran sosial tertentu yang diterima individu dari kelompok atau masyarakat. Contoh di atas tentu bisa mewakili pemaknaan ini.

Penjelasan singkat di atas menggambarkan bahwa, kepribadian, menurut pengertian sehari-hari atau masyarakat awam, menunjuk pada gambaran bagaimana individu tampil dan menimbulkan kesan bagi individu-individu yang lainnya.

Anggapan seperti ini tentu bisa dimengerti, namun masih belum bisa mengartikan kepribadian dalam arti yang sesungguhnya. Kepribadian di sini, mengartikan kepribadian berdasarkan nilai dan hasil evaluatif. Padahal kerpibadian adalah sesuatu hal yang netral, di mana tidak boleh ada penilaian ‘baik’ dan buruk.

Kepribadian tidak terbatas pada hal yang ditampakkan individu saja, tetapi juga hal yang tidak ditampakkan. Termasuk juga harus dilihat adanya ‘dinamika kepribadian’, di mana kepribadian bisa berubah tergantung situasi dan lingkungan yang dihadapi seseorang.

Baca juga »Kepribadian menurut pengertian psikologi

[]

Please rate this

Categories:   Umum

Comments on Kepribadian menurut pengertian sehari-hari