VanBumen Explore

Menu

Idenesia, ‘YouTube’ Lokal yang Menampung Film Inspiratif

Idenesia, ‘YouTube’ Lokal yang Menampung Film Inspiratif  – Nama YouTube memang telah begitu populer. Namun bukan berarti Indonesia tak memiliki situs video streaming yang berkualitas. Salah satunya adalah Idenesia Arsip Positif, inisiatif untuk menampung film pendek, dokumenter berkualitas yang mempromosikan ide-ide positif.

Salah satu penggerak Idenesia, Dirgayuza Setiawan menjelaskan bahwa inisiatif ini lahir dari kesadaran bahwa sudah semakin banyak anak bangsa yang memproduksi konten-konten positif yang inspiratif dan berkualitas.

Namun, diperlukan usaha ekstra untuk mempromosikan konten-konten positif agar dapat bersaing dengan konten-konten negatif yang lebih ‘menjual’ dan banyak beredar di media massa saat ini.

“Untuk membantu proses promosi konten positif, Idenesia Arsip Positif menawarkan one stop portal, sebuah wadah yang dapat menampung film pendek dan film dokumenter positif agar dapat ditemukan dan dimanfaatkan secara on-demand dengan mudah oleh pengajar, dan siapa saja yang siap untuk terinspirasi,” jelasnya, dalam keterangan tertulis kepada detikINET, Selasa (7/2/2012).

Idenesia Arsip Positif dapat diakses melalui alamat www.idenesia.tv. Selain dapat diakses menggunakan komputer, alamat tersebut juga dapat diakses menggunakan smartphone seperti iPhone dan BlackBerry.

Tak Sekadar Mengumpulkan

Tim Idenesia menyadari, kalau ada banyak konten positif yang diunggah oleh masyarakat Indonesia ke YouTube dan Vimeo tidak dilengkapi dengan deskripsi video yang sesuai, sehingga tidak mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google.

Oleh sebab itu, tim Idenesia berinisiatif, jika diperlukan, untuk menuliskan deskripsi setiap video yang ditayangkan di Idenesia Arsip Positif. Tentunya, profil singkat dari pembuat konten juga menjadi prioritas untuk meningkatkan ‘SEO’ sebuah konten.

Selain itu, untuk membantu mereka yang terinspirasi untuk belajar lebih banyak lagi mengenai sebuah topik pembahasan, tim Idenesia juga memberikan rekomendasi link-link yang relevan sesuai dengan tema atau topik yang diangkat oleh film pendek atau film dokumenter tersebut.

Jadi bagi masyarakat yang memiliki, atau mengetahui karya film pendek atau film dokumenter yang menurut Anda layak untuk ditampilkan dan dipromosikan, silakan kontak tim Idenesia.

“Pada umumnya, kriteria yang kami gunakan untuk sebuah konten dapat lolos penjaringan dan tayang di Idenesia Arsip Positif adalah: Apakah konten memiliki kualitas gambar dan video yang baik? Apakah menginspirasi? dan, last but not least: Apakah konten aman untuk anak-anak?” tukas Yuza.

Namun bagi orangtua, jangan khawatir buah hatinya menemukan konten berbahaya di situs ini. Karena setiap konten yang ada di Idenesia dipilih oleh kurator, termasuk rekomendasi videonya.

# Posting Rintisan, dimuat ulang dari detik inet

Please rate this

Categories:   Umum

Comments on Idenesia, ‘YouTube’ Lokal yang Menampung Film Inspiratif