VanBumen Explore

Menu

Bunga Cantik Yang Sangat Mematikan

Pernahkah sekalian semua mendengar sesuatu nama yang amat sangat cantik? Tentunya “IYA” pernah, di jaman yang sekarang ini banyak sekali nama yang tidak sinkron dengan wujudnya. Biasa dikenal dengan baik diluar, jelek di dalam. Misal, dari nama orang namanya adalah “Cinta”, tapi ternyata orangnya jauh banget (tidak cantik, tidak tinggi, tidak putih, ya intinya tidak sesuai/tidak sinkron). Kalau dari nama bunga pun juga ada, contohnya seperti berikut di bawah ini.

Bunga Cantik Yang Sangat Mematikan

1. Angels Trumpet

Bunga Cantik Yang Sangat Mematikan - VanBumen

Janganlah terkecoh dengan namanya yang indah, tanaman ini memiliki kandungan racun yang mematikan untuk manusia ataupun hewan.

Angel’s trumpet atau terompet malaikat atau dimaksud juga bunga terompet dikarenakan memiliki bentuk yang mirip terompet. Bunga terompet memiliki kandungan zat hallucinogen, yaitu zat yang bisa mengakibatkan seseoarang alami halusinasi. Dikarenakan hal inilah bunga terompet terhitung di antara narkotika. Kandungan aktifnya didalam bunga terompet yaitu atropine, hyoscyamine serta scopolamine yang diklasifikasikan sebagai zat pembasmi kesadaran atau anticholinergics.

Tanaman ini terkadang dibikin jadi teh serta dicerna sebagai obat halusinogen. Tingkat toksisitas yang beragam bergantung lokasi tanaman, serta sisi ke sisi, nyaris mustahil untuk tahu berapakah banyak racun yang anda telan. Dikarenakan hal inilah banyak pemakai yang overdosis serta meninggal.

2. Daphne

Bunga Cantik Yang Sangat Mematikan - VanBumen

Bunga Daphne juga dikenal dengan nama lady laurel atau tanaman surga. Tetapi janganlah salah, dari keindahan namanya, nyatanya semua sisi dari bunga ini beracun namun sisi yang sangat beracun terpusat pada getah serta buahnya. Daphne memiliki kandungan mezerine serta daphnin, yang disebut racun kuat serta bisa mengakibatkan sakit perut kronis, sakit kepala, diarhea, serta kegilaan. Bila buah bunga Daphne di mengonsumsi terlalu berlebih, bisa mengakibatkan koma apalagi hingga menjemput ajal (kematian).

3. Lily Of The Valley

Bunga Cantik Yang Sangat Mematikan - VanBumen

Lily of the valley (convallaria majalis) yaitu bunga musim semi warna putih memiliki ukuran amat kecil dengan wujud mirip lonceng. Bunga ini banyak tumbuh di negara inggris terlebih dibagian utara. Namun arti dari bunga mungil yang cantik ini yaitu keyakinan, pancaran kebahagiaan serta kesucian.

Lily of the valley terhitung di antara yang sangat indah didalam keluarga lily. Bunga bunganya umumnya berwarna putih meskipun terkadang ada juga yang berwarna putih kemerah-mudaan. Pada bln. September bunga ini mengeluarkan buah buah berry manis dibagian petalnya yang berdiameter 5-7 mm.

Lily of the valley juga dipakai untuk kepentingan penyembuhan, bisa menghindar atau menampik racun, dipakai juga sebagai kepentingan penyembuhan hati serta epilepsy. Namun butuh diingat bahwa bunga lily of the valley ini memiliki kandungan racun yang bila dikonsumsi didalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan kematian. Convallatoxin, racun yang ada didalam tumbuhan ini dulu dipakai sebagai kepentingan medikasi hati. Manfaat lain dari bunga ini yaitu untuk bikin minyak wangi.

4. Nerium Oleander

Bunga Cantik Yang Sangat Mematikan - VanBumen

Sempatkah anda lihat tanaman hias oleander yang bunganya berwarna merah jambu, putih atau kuning ? Pastilah dulu, dikarenakan tanaman hias ini dapat didapati dimana-mana, baik di halaman sekolah, halaman tempat tinggal sakit, halaman tempat tinggal kita, taman-taman kota serta di pinggir-pinggir tepi jalan. Tetapi siapa yang menganggap, bahwa tanaman yang nampaknya indah dilihat mata ini, adalah tumbuh-tumbuhan yang sangat beracun serta mematikan, dimulai dari daun, bunga, biji buah, dahan serta tangkai hingga ke getah batang pohonnya. Pokoknya, semua sisi dari tanaman oleander ini beracun, bukan hanya saja untuk manusia, namun juga untuk binatang peliharaan (kucing serta anjing) serta hewan ternak (kambing, sapi, kuda).

Ada sebagian komponen racun yang terdapat pada tanaman oleander ini salah satunya oleandrin serta neriine yang masuk golongan cardiac glycoside, satu zat yang mengakibatkan perlambatan denyut jantung serta gagal jantung. Kulit batang pohon (bark) oleander ini memiliki kandungan zat racun rosagenin yang mempunyai daya kerja layaknya strychnine. Anak-anak yang suka menuai daun atau bunga serta mengisap-isap atau mengunyahnya, yaitu mahluk yang sangat beresiko alami keracunan. Satu lembar saja dari daun oleander yang dimakan oleh balita bisa menyebabkan fatal (mematikan). Tanda-tanda keracunan segera dapat timbul segera sesudah mengonsumsi sisi dari tanaman oleander, salah satunya mual serta muntah, sakit perut serta diare, mata jadi kabur, denyut jantung melambat, koma serta selanjutnya kematian.

Yang memprihatinkan, tanaman oleander ini saat ini digunakan sebagai alat untuk bunuh diri, terutama di lokasi india selatan serta srilangka. Di srilangka contohnya, sebelum saat th. 1980, tak dulu ada catatan medis di tempat tinggal sakit kematian dikarenakan racun oleander. Pada th. Itu, diberitakan dengan cara besar-besaran di media perihal kematian dua orang gadis yang dengan sengaja mengonsumsi biji oleander kuning untuk bunuh diri. Sejak perihal itu, angka bunuh diri dengan oleander terus meningkat serta saat ini di srilangka rata-rata 2. 000 orang tewas tiap-tiap th. Dikarenakan keracunan oleander. Racun oleander ini digunakan bukan hanya saja untuk bunuh diri (suicide), namun juga untuk membunuh orang (homicide) serta untuk menggugurkan kandungan (abortion).

Pengeringan daun, biji dahan tanaman ini tak kurangi kandungan toksisitasnya. Apalagi madu yang dihasilkan oleh lebah yang mengisap nektar dari bunga oleander ini juga beracun untuk dikonsumsi. Yang cukup mengherankan, daun-daun tanaman yang berasa manis ini, bisa menewaskan seekor kuda apabila terlambat diberikan pertolongan darurat (100 gram zat toxin ini telah cukup untuk mematikan seekor kuda dewasa).

Langkah penyembuhan disebabkan keracunan oleander ini yaitu dengan merangsang muntah (induced vomitting), pembilasan lambung (gastric lavage), serta pemberian norit (activated charcoal). Permberian norit ini ditujukan untuk mengikat zat beracun tersebut hingga jadi netral untuk dikeluarkan dari tubuh. Langkah yang butuh segera ditempuh, jika perangsangan muntah tak sukses dikerjakan, yaitu dengan pemberian digoxin immune fab, satu obat produksi dari glaxosmithkline. Untuk negara-negara berkembang layaknya india serta srilangka, pemberian digoxine immune fab pasti alami hambatan, dikarenakan harga nya yang cukup mahal.

Oleh sebab itu, tindakan preventif butuh dikerjakan hadapi efek tanaman hias oleander ini. Jika di tempat tinggal kita tetap memiliki anak-anak balita, baiknya tanaman ini ditebang saja. Demikianlah juga untuk sekolah basic, lebih bijak bilamana tak pelihara tanaman oleander di halaman sekolah. Ada cerita yang belum bisa kebenarannya, tentang sebanyak anak pramuka yang meninggal dunia dikarenakan memanggang daging yang ditusuk dengan ranting pohon oleander. Sekali lalu barangkali cerita diatas cuma mitos, pastinya pengenalan pengetahuan perihal bahaya keracunan tanaman oleander pada anak-anak butuh disosialisasikan sejak awal, hingga bisa dihindarkan perihal yang tak di idamkan.

Jadi intinya begini, janganlah hanya menilai sesuatu dari luarnya saja. Belum tentu luarnya baik, dalamnya juga baik, kalau kata Mister Tukul Arwana si begini “Don’t Look the Book Just From the Cover”.

Please rate this

Categories:   Umum

Comments on Bunga Cantik Yang Sangat Mematikan