VanBumen Explore

Menu

Tips Panduan Sehat Berbuka Puasa

Tips Panduan Sehat Berbuka Puasa | Vanbumen. Setelah berjam-jam menahan makan minum serta menahan hawa dan nafsu ketika berpuasa, maka ada yang namanya buka puasa. Yaitu memutuskan atau membatalkan puasa pada waktu yang telah ditetapkan. Berbuka puasa pun tidak boleh asal, layaknya pada saat sahur. Oiya, jangan lupa baca juga postingan yang satu ini: Tips Panduan Sahur Sehat. Oke, langsung saja!

Ini Dia, Tips Panduan Sehat Berbuka Puasa a la VanBumen

1. Segerakan Berbuka

Ini bukan hanya anjuran perihal menu berbuka Anda, namun anjuran mengenai kapan Anda berbuka. Berbuka di waktu yang pas yaitu segi penting dalam Ramadhan, dikarenakan menundanya tanpa kepentingan yaitu tidak dianjurkan.

Sahl bin Sa’ad -radhiyallahu ‘anhu- meriwayatkan bahwa Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda, “Orang-orang selalu ada dalam kebaikan sepanjang mereka menyegerakan berbuka”. (HR Al Bukhari serta muslim).

2. Membaca Do’a Buka Puasa

Sebelum saat berbuka yakinkan Anda membaca do’a buka puasa terlebih dulu “allahuma laka shumtu wabika amantu wa’ala rizqika aftartu birahmatika ya arhama rohimin”.

3. Hindari Es/Minuman Pembuka Yang Terlampau Dingin

Sesudah melepas puasa dengan air putih, bila Anda sudah mempersiapkan minuman pembuka, baiknya janganlah mengkonsumsi minuman yang terlampau dingin. Perihal pingin mengingat bahwa minuman pembuka yang terlampau dingin bisa dengan tiba-tiba merubah suhu tubuh kita jadi tidak stabil. Ini sebagai di antara pemicu banyak kentut usai berbuka. Serta, jauhi minum soda waktu perut masih tetap kosong.

4. Hindari Makanan Berminyak/Gorengan

Makanan berminyak dapat mengonsumsi waktu lebih lama untuk dicerna serta bikin Anda jadi kenyang, namun sebenarnya tidak berikan nutrisi yang cukup. Makanan-makanan tersebut tidaklah pilihan yang ideal untuk berbuka. Walau demikianlah, bila memanglah diharuskan, tidak kenapa memakannya sedikit saja saat makan malam.

5. Berbuka Dengan Yang Manis

Setiap saat berbuka puasa, kita senantiasa disarankan untuk makan atau minum suatu hal yang manis. Mengapa diharuskan? Sebenarnya ini ada hubungannya dengan kesehatan serta kesejahteraan perut kita. Soalnya sesudah berpuasa seharian, tubuh kita banyak kehilangan daya. Nah, maka dari itu minum serta makan suatu hal yang manis, akan menolong mengembalikan gula darah dalam tubuh, yang juga akan diolah menjadi daya.

6. Minum Air Putih

Walau berbuka puasa disarankan untuk minum yang manis-manis, namun tidak ada salahnya Anda memulai berbuka dengan minum air putih sebagai pelepas dahaga sesudah menahan haus dalam berpuasa.

7. Meminum Serta Mengkonsumsi Banyak Cairan

Minumlah air dengan jumlah yang cukup untuk menghindar dehidrasi. Air dapat menolong ekskresi racun serta menolong pencernaan. Disamping itu, jus buah fresh yaitu sumber gula, vitamin serta mineral. Anda juga bisa mengkonsumsi sup ayam atau semur, ini kaya protein yang menolong saat membangun jaringan atau massa otot serta menghindari tubuh dari kelelahan secara gampang. Sup merupakan sumber nutrisi yang amat baik serta elektrolit yang menolong menghindari dari kelelahan serta dehidrasi.

8. Berikan Waktu Jeda Sebelum Saat Anda Makan

Rasa haus telah hilang, baiknya janganlah segera makan. Sebaiknya Anda berikan waktu sesaat untuk lambung Anda sesuaikan pada minuman yang telah Anda mengonsumsi.

9. Lanjutkan Dengan Menyantap Kurma atau Makanan Lain Yang Manis

Kurma yaitu buah yang luar biasa, dikarenakan didalamnya terdapat konsentrat gula serta bermacam tipe nutrisi. Ini untuk mengembalikan daya yang hilang sepanjang berpuasa melewati metabolisme gula. Kurma sebaiknya disantap dalam wujud utuh, tidak dijus layaknya orang umum.

Yang sangat terutama dari mengkonsumsi kurma waktu berbuka yaitu dalam rencana meneladani perbuatan rasul tercinta Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

Salman bin Amir Radhiallahu Anhu bercerita bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam dulu bersabda : bila salah seorang di antara kalian akan berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering. Bila tak ada maka minumlah air putih dikarenakan air putih itu bersihkan. (HR At Tirmidzi).

10. Tunda Dulu Untuk Menyantap Hidangan Utama

Selingi makan takjil layaknya contoh kurma yang sudah diterangkan diatas lantas setelah itu lakukan shalat maghrib. Usai shalat maghrib, baru Anda makan menu utama dengan porsi secukupnya sesuai kekuatan perut Anda. Bila butuh, berhentilah sebelum saat kenyang. Karena, perut membutuhkan sebagian waktu sebelum saat mengirim tanda kenyang ke otak. Lantas, bila Anda makan terlampau banyak dapat bikin perut merasa penuh serta kekenyangan.

Tips : Hidangan utama sebaiknya yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Contoh layaknya biji-bijian, sereal atau makanan yang sama kaya akan kalori serta gula yang amat diperlukan tubuh sesudah seharian berpuasa. Siapkanlah roti, sayuran serta daging untuk bikin roti isi yang mudah dihidangkan. Roti isi yang terdiri dari sayuran serta daging memiliki kandungan nutrisi yang cukup, bermacam vitamin serta serat yang baik untuk tubuh.

11. Istirahat

Sesudah makan hidangan utama, istirahat sebentar sembari menanti shalat isya serta tarawih. Waktu ibadah selesai dikerjakan, Anda dapat menyantap hidangan utama untuk yang menunda makan sampai shalat tarawih. Serta janganlah lupa untuk sesuaikan porsinya supaya tidak terlalu berlebih.

12. Jangan Terlalu Berlebih Saat Berbuka

Saluran pencernaan memerlukan waktu untuk mengolah makanan sesudah alami kekurangan kalori akibat seharian penuh berpuasa. Oleh dikarenakan itu janganlah terlalu berlebih saat berbuka. Berbuka puasa terlalu berlebih bisa mengakibatkan permasalahan lambung. Makanan dalam jumlah besar yang masuk dengan tiba-tiba kedalam lambung dapat memaksanya menghasilkan bermacam enzim dalam satu waktu hingga menyebabkan rasa tidak nyaman. Oleh dikarenakan itu perlahanlah waktu mengonsumsi serta kunyahlah makanan dengan seimbang. Terutama makan terlalu berlebih tidak sesuai dengan adab islami.

13. Jangan Terlampau Ekstrim

Rasa haus sesudah tidak minum seharian, buat kita akan minum suatu hal yang beri kesegaran atau dingin waktu berbuka. Idealnya, untuk berbuka puasa, kita baiknya tidak mengkonsumsi suatu hal yang suhunya ekstrim. Contohnya es yang terlampau dingin atau kolak yang terlampau panas. Soalnya bila suhunya ekstrim, artinya tubuh kita perlu semakin banyak waktu untuk menyesuaikan. Sesaat di waktu yang sama, tubuh kita mesti segera menukar cairan yang hilang sesudah puasa.

14. Berbagi Makanan Untuk Berbuka Puasa

Anda dapat menambah pahala dengan sediakan makanan berbuka untuk tetangga, serta muslim lain yang memerlukan.

Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda, “Siapa yang sediakan makanan berbuka untuk orang lain, maka baginya pahala puasa orang yang didapatkannnya makanan tersebut, tanpa kurangi pahala orang itu sedikitpun”. (HR At Tirmidzi)

15. Hal Yang Tidak Kalah Penting Yaitu Memperhatikan Tipe Hidangan

Pastikan tipe makanan yang bergizi tinggi, kaya serat, penuh vitamin Serta mineral. Kurangi gorengan serta ubahlah dengan sayur serta buah. Buah dapat dikonsumsi dengan dimakan demikian saja atau dijus. Tips Panduan Sehat Berbuka Puasa. Tips Panduan Sehat Berbuka Puasa.

Sekian dulu Tips Panduan Sehat Berbuka Puasa a la VanBumen. He.. he.. he.. Semoga puasa hari ini diterima oleh yang kuasa. Amin 🙂

Please rate this

Categories:   Tips Trik

Comments on Tips Panduan Sehat Berbuka Puasa