VanBumen Explore

Menu

Tips Panduan Sahur Sehat

Tips Panduan Sahur Sehat – Halo kawan, apa kabarnya? Pastinya baik-baik saja kan? Sebentar lagi bulan Ramadhan nih, siapa yang dapat menggerakkan puasa? Pastinya umat islam di seluruh dunia ya 😀 🙂

Puasa itu tidak mesti di bulan Ramadhan saja kok, dapat puasa bulan Ramadhan atau puasa sunah. Sebelum saat puasa dikerjakan tentu ada yang namanya sahur. Tahu perihal sahur? Sahur yakni kegiatan (makan serta minum) untuk umat islam pada dinihari yang dapat melaksanakan ibadah puasa, sahur merupakan barokahnya dari puasa loh. Lantas, siapa yang akan sahur sebelum saat melaksanakan puasa nih, agar barokahnya makin banyak. Sebelum saat sahur, baca perihal tips panduan sahur sehat di situs (blog) Wong Kebumen ini ya (vanbumen.com / explore.vanbumen.com).

  1. Cuci muka serta kumur-kumur, bangun tidur pastinya tetap males-malesan untuk beranjak dari area tidur. Serta cara menghilangkannya yakni dengan bersihkan muka serta berkumur, apa lagi yang tidurnya ngiler kemana-mana 😀
  2. Jauhkan makanan serta minuman yang cepat saji serta softdrink, dikarenakan itu hanya makanan yang amat enak tetapi dampak kedepanya tidak baik untuk tubuh. Lantas makanlah yang baik-baik layaknya sayur, tempe dan sebagainya.
  3. Hindari makan-makanan yang pedas, bergas atau asam untuk hindari rasa perut begah saat tengah menggerakkan puasa selama hari. Dari pengalaman yang ada, perut begah saat puasa dapat berlangsung pada 2 hari awal puasa sesudah itu perut dapat mulai punya kebiasaan. Jika untuk orang yang telah mempunyai kisah sakit lambung, pasti begahnya tidak hilang-hilang mesti segera ditanyakan ke dokter. Makan daging, ayam serta lemak boleh-boleh saja asal tidak berlebih supaya tidak memperberat kerja organ tubuh memproses makanan lantas makanlah secukupnya saja, yang penting daya tubuh telah tercukupi.
  4. Tidak disarankan makan atau minum yang manis-manis, kebalikan waktu berbuka justru amat bagus untuk mengawalinya dengan makanan atau minuman yang manis. Berbuka menggunakan makanan atau minuman berkabohidrat sederhana layaknya kurma dapat menolong cairan tubuh serta kandungan gula darah normal lagi. Makanan yang manis cepat membuahkan daya namun cuma bertahan 2 jam. Walau sebenarnya kita mesti menahan puasa sepanjang 14 jam, lantas dapat ada waktu 12 jam kondisi tubuh dalam posisi lemas.
  5. Makanlah makanan hangat, saat sahur sebaiknya mengonsumsi makanan yang hangat, mudah dicerna serta merangsang enzim pencernaan. Dengan kata lain kita memiliki nafsu untuk makan.
  6. Makan dengan porsi secukupnya, janganlah dikarenakan kelak kita tak lagi makan sepanjang 12 jam lalu bikin kita lantas makan sebanyak-banyaknya, kelak yang ada kita kita malas untuk shalat shubuh berjamaah di masjid serta malas juga beraktifitas.
  7. Sebaiknya, saat makan tidak buru-buru. Begitupun dengan sahur baiknya dikerjakan jam sebelum saat waktu imsak, untuk melindungi pencernaan yang bagus. Dianjurkan untuk mengunyah sejumlah kian lebih 30 kali, apalagi sampai 70 kali. Sebenanya bila ingat waktu kecil, kita juga diajari untuk mengunyah sejumlah 32 kali, hanya dalam proses sehari-harinya ya condong kunyah 5-10 kali telah segera ditelan.
  8. Cukup minum air putih supaya keperluan cairan dalam tubuh tidak terganggu. Namun minum kopi saat sahur baiknya dihindari dikarenakan kopi layaknya juga soft drinks yaitu diuretic yang bukannya berikan air untuk tubuh namun jadi menghabiskannya. Ini dikarenakan pemrosesan gula tingkat tinggi membutuhkan sebanyak besar air dalam tubuh. Serta bila butuh, minum susu waktu sahur. Ini amat baik supaya kalsium terus terjaga serta saraf Anda terus jalan normal agar gk heng-heng gitu waktu ber kegiatan.
  9. Usahakan sahur dengan karbohidrat yang cukup dikarenakan karbohidrat dapat bertahan dalam tubuh sampai 5 jam sesudah dikonsumsi. Tak hanya karbohidrat layaknya nasi serta kentang, sayur juga janganlah diabaikan saat sahur dikarenakan makanan memiliki serat menahan insulin supaya tidak cepat keluar. Karbohidrat yang cukup tak perlu umumnya, dikarenakan dapat buat kekenyangan serta lantas mengantuk di tempat kerja kedepannya.
  10. Perbanyaklah mengkonsumsi type makanan memiliki serat yang banyak ada dalam sayur serta buah. Tubuh kita membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak memiliki kandungan serat. Memanglah tidak mudah makan buah pada pagi hari, namun faedahnya amat besar untuk cadangan daya di siang hari. Bikin sup sayur yang mudah serta mengonsumsi pada saat hangat dapat memenuhi keperluan serat seharian puasa.
  11. Jangan lupa senantiasa mengkonsumsi makanan bergizi. Walau menu sederhana, yang penting memiliki kandungan lima unsur gizi lengkap layaknya protein, lemak, karbohidrat, vitamin serta mineral. Dikarenakan porsi makan sepanjang berpuasa kurang, maka baiknya kita terus melindungi keperluan gizi. Kita butuh mengatur porsi makan sepanjang puasa, supaya memenuhi keperluan gizi.
  12. Bila dibutuhkan, konsumsilah vitamin layaknya Vit. A, B, C serta E. Namun bila Anda telah makan sayur berwarna hijau tua, buah berwarna kuning atau merah, kacang-kacangan, maka tidak butuh cemas kekurangan vitamin tersebut. Janganlah lupa berjemur sebentar, minimal waktu akhir pekan/week end untuk mencukupi keperluan Vit. D serta menolong penyerapan kalsium kedalam tulang.

Oke, sekian tips-tips dari VanBumen. Semoga lancar puasanya ya 🙂 cemangka (cemangat kaka) 😀

Please rate this

Categories:   Tips Trik

Comments on Tips Panduan Sahur Sehat