VanBumen Explore

Menu

Tips Berpuasa Bagi Penderita Mag

Tips Berpuasa Bagi Penderita Mag – Puasa Ramadhan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain akan menormalkan kolesterol/trigliserida, ternyata berpuasa juga dapat menaikkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Puasa dapat menyehatkan tubuh asalkan dilakukan dengan benar, sesuai kaidah agama/rohaniah dan jasmaniah. Tetapi jika seorang memiliki penyakit magh akan sangat mengganggu jalannya puasa kita karena rasa sakit di perut yang membuat tidak nyaman saat beraktivitas, berikut tips yang bisa saya bagikan bagi penderita magh agar puasa di bulan penuh berkah menjadi lebih indah tanpa adanya gangguan.

  1. Usahakan meminum obat magh yang telah dianjurkan dokter atau pakar kesehatan agar efeknya bisa terasa dan tidak menimbulkan penyakit lainnya.
  2. Kurangi asupan seperti kopi atau susu full cream karena dapat memicu sekresi asam lambung, dan bisa menimbulkan kambuhnya magh.
  3. Hindari memiinum kopi dan soda di saat sahur krena bersifat diuretik karena dapat menyebabkan kembung, dan merangsang buang air kecil di pagi hari dan dapat memicu dehidrasi.
  4. Hindari makanan berbumbu seperti: merica, cuka, cabai karena dapat mengiritasi permukaan dinding lambung.
  5. Hindari asupan makanan yang mengandung gas (seperti: sawi, nangka, durian, pisang, minuman bersoda), karena dapat memicu kambuhnya mag.
  6. Saat berbuka usahakn dimulai dengan makanan ringan seperti buah, serta tidak berlebihan (bertahap). Hal ini dimaksudkan agar lambung tidak “kaget” karena mendadak dibebani tugas berat.
  7. Hindari minuman atau makanan terlalu manis karena dapat merangsang asam lambung berlebihan, terutama saat sahur. Ketika sahur, dapat ditambahkan buah atau sayur yang menghasilkan enzim guna mencerna makanan berlemak, miosalkan pepaya dan wortel.
  8. Hindari Makanan yang banyak mengandung lemak misalkan keju dan cake, karena akan berada lama di lambung, sehingga perut terasa penuh (sebah).
  9. Lakukan konsultasi ke dokter Anda secara berkala, dan komunikasikan kondisi kesehatan Anda. Agar penyakit magh anda berangsur-angsur sembuh.

Semoga yang menderita mag dan telah membaca tips ini, puasanya tetap lancar sampai akhir J

Please rate this

Categories:   Tips Trik

Comments on Tips Berpuasa Bagi Penderita Mag