VanBumen Explore

Menu

Tips Berolahraga Saat Puasa

Tips Berolahraga Saat Puasa – Puasa tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan dan tidak berolahraga. Meski tubuh sedang berpuasa, olahraga masih tetap dibutuhkan agar tetap bugar. Olahraga masih bisa dilakukan selama berpuasa. Hal ini karena cadangan lemak dalam tubuh masih mencukupi. Lemak inilah yang nantinya dibakar saat berolahraga. Namun, aspek waktu dan jenis olahraga yang tepat saat ber puasa perlu diperhatikan.

Tidak perlu olahraga yang berat, olahraga yang ringan saja sudah sangat membantu agar tubuh kita tetap bugar. Jenis olahraganya seperti jalan-jalan pagi sekitar 30 menit, bersepeda selama 30 menit, atau aktivitas bergerak selama 15 menit. Hal ini dapat di lakukan disaat subuh setelah sholat dan makan sahur. Dan disaat sore menjelang berbuka bisa juga dengan jalan-jalan ataupun bersepeda.

Ada beberapa tips berolahraga yang bisa dilakukan selama puasa.

  1. Olahraga bisa dilakukan 30 menit sebelum berbuka. Kalaupun ingin berolahraga malam hari, sebaiknya dilakukan dua jam setelah berbuka sekiranya jam setengah sembilan.
  2. Sebaiknya pilih olahraga ringan, seperti jogging, treadmill, dan sepeda statis. Latihan beban hendaknya dihindari. ”Latihan beban menghasilkan gula glikogen. Latihan ini membuat tubuh cepat lelah. Tubuh butuh waktu untuk pemulihan saat latihan beban. Jadi, latihan ini kurang tepat dilaksanakan selama berpuasa.
  3. Hindari berolahraga menjelang waktu tidur. Ini dilakukan agar tubuh diberi kesempatan untuk beristirahat.
  4. Sesuaikan dengan kondisi tubuh. Jika sudah biasa olahraga rutin, setiap dua hari sekali selama bulan puasa bisa jadi pilihan. Jika tidak biasa olahraga rutin, sebaiknya memulainya secara perlahan-lahan.
  5. Carilah tempat yang sejuk untuk berolahraga. Jika jogging atau olahraga lainnya di tempat terbuka, lakukan di kawasan yang sejuk. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran keringat berlebih yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Ozal 18

Please rate this

Categories:   Tips Trik

Comments on Tips Berolahraga Saat Puasa