VanBumen Explore

Menu

Jika Dibenci Dosen

Selalu dibenci dosen atau hanya jika dibenci dosen. Biasanya, ada mahasiswa mengalami hal ini, tidak seperti dosen. Tentu saja, ada penyebab bahwa dosen tidak menyukai murid-muridnya. Bisa jadi karena mahasiswa sering terlambat, tugas malas, untuk belajar berisik di kelas.Tak jarang, ada mahasiswa merasa bahwa dosen tidak suka tanpa alasan yang jelas. Dengan kata lain, sentimen. Karena ketidaksukaannya dari siswa itu, sang dosen selalu memberikan hal buruk dan memanggil si mahasiswa perguruan tinggi tanpa alasan.

Namun, perlu diingat, menghadapi dosen sentimen tersebut tidak bisa sembarangan. Ada tanda-tanda yang perlu diikuti sehingga kita “diselamatkan”, seperti yang dilansir Cures College, Minggu, 3 Maret 2013.

Pantangan (Tabu)

JANGAN gosip dengan siapa pun tentang masalah dengan dosen. Curhat teman merupakan hal-hal yang biasa, tapi kita mencoba untuk tidak melampiaskan tentang dosen yang sentimen dengan kita. Kalaupun terpaksa, pastikan cerita tidak menyebar ke lingkaran yang lebih luas dari teman-teman. Karena rumor cenderung menyebar ke versi yang jauh berbeda dari cerita aslinya. Jika cerita menyebar dan dibesar-besarkan oleh orang lain, maka hal ini akan membuat situasi lebih buruk. Selain itu, rumor selalu akan kembali ke sumber awal. Kita tentu tidak ingin bocor apa yang kita bicarakan tentang mereka (si dosen)?

JANGAN melawan dosen, bahkan jika mereka mempermalukan kita di depan kelas. Misalnya ketika ia ditanya tentang sesuatu yang kita tidak tahu jawabannya, mengkritik tugas kita sedemikian rupa, dan sebagainya.

JANGAN melakukan aksi yang membuat fakultas lebih membenci kita. Biasanya, ketika dua orang saling membenci, mereka cenderung melakukan sesuatu yang akan membuat marah lainnya. Jangan menjadi mahasiswa sok tahu di kelas, atau datang terlambat, karena hanya akan membuat dosen menunjukan kebencian. Semakin buruk situasi antara kita dan dosen, maka akan lebih sulit untuk memperbaiki juga. Biasa berperilaku di kelas, dan mudah-mudahan sisa semester akan berjalan baik.

Saran

JIKA memungkinkan, cobalah untuk mengubah jadwal kursus dengan dosen lainnya. Kebanyakan kampus memberikan kesempatan bagi siswa untuk memilih kursus dan jadwal kelas yang akan diikuti. Kampus juga akan memberikan waktu jika mahasiswa ingin mengubah jadwal mereka yang telah diambil.

BICARA ke dosen sentimen jika ada masalah serius yang perlu diselesaikan. Nah tidak ada salahnya dosen diundang berbicara tentang mengapa mereka melakukan ketidakadilan kepada kita. Cara terbaik adalah untuk memiliki hati ke hati dengan dosen untuk menghapus semua asumsi kita. Semoga dengan melakukan hal ini, semua masalah akan diselesaikan oleh dosen.

BICARA dengan wali fakultas jika cara kedua sia-sia. Ini adalah pilihan terakhir, karena kita harus melibatkan orang lain. Bisa jadi bahwa pihak ketiga dapat membantu kita memecahkan masalah ini. []

Please rate this

Categories:   Tips Trik

Comments on Jika Dibenci Dosen

  • kutualay

    nice gan.. keep post