VanBumen Explore

Menu

Jangan Lupa, Catat !!!

Jangan Lupa, Catat !!! | Aktivitas online sebisa mungkin menjadi kegiatan yang produktif sekaligus kreatif tentu. Banyak hal penting dan menarik di satu halaman website yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Terkadang kita terpanggil untuk share melalui social media baik melalui Facebook, Twitter, Google+, dsb.

read-it-laterUntuk keperluan yang lebih, kita dituntut untuk mencatatnya. Yang terbiasa mencatat secara manual mungkin tidak menjadi soal. Untuk yang tidak, apalagi zaman sekarang yang kadang dituntut oleh masalah kecepatan, biasanya akan memilih cara yang lebih instant yaitu hanya menandainya dengan fitur bookmark di browser.

Bookmarking bisa memudahkan kita memang untuk mengkases kembali suatu halaman penting/menarik, atau karena mungkin artikel cukup panjang, dan kita berniat membacanya kembali di lain waktu. Dengan fitur ini kita tak perlu repot-repot mencatat alamat URL untuk halaman yang dimaksud. Kelemahannya, komputer kita harus selalu terhubung dengan internet, alias online, agar bisa membuka kembali alamat url yang telah disimpan di bookmark.

Cara yang lain adalah dengan menyimpan konten halaman ke dalam flashdisk/hardisk agar di kemudian hari bisa diakses dan dibaca kembali bahkan ketika offline, atau tak terhubung dengan internet. Umumnya halaman akan disimpan dengan metode Save Page As *htm. atau *.html file. Cara ini cukup efektif, namun di beberapa kasus agak bermasalah ketika media penyimpanan terinfeksi virus. Jenis file tersebut agak rawan terserang virus, sehingga hilang.doPDF logo | Explore VanBumen

Ada yang lebih aman, yaitu mencetaknya sebagai *.pdf file. Keuntungan cara ini, kita akan sangat leluasa membuka halaman web yang kita pilih ketika offline, karena sudah dikonversi ke format *.pdf. File jenis ini, sejauh ini juga masih tergolong aman dari ancaman virus.

Untuk melakukan tugas ini, Temen-temen dimanjakan dengan banyak software, add-on browser, atau aplikasi lainnya yang bahkan berstatus freeware, alias gratisan. Beberapa di antaranya adalah Solid Conventer, Foxit Reader, doPDF, dst.

Untuk Temen-temen yang lebih sering menggunakan Blackberry ataupun Android, Temen-temen bisa memanfaatkan app bernama Read It Later untuk menyimpan halaman yang menarik. App ini juga memungkinkan tulisan di suatu halaman bisa diakses saat berada di dalam pesawat dan tak terhubung koneksi internet.

Temen-temen punya cara unik lain untuk mencatat? Bagikan di sini 🙂

[]

Please rate this

Categories:   Tips Trik

Comments on Jangan Lupa, Catat !!!