VanBumen Explore

Menu

Hubungkan Google+ ke Facebook Serta Twitter (Auto Post 3 in 1 Mode)

Sesudah banyaknya pemakaian aplikasi up date status otomatis dari Facebook ke Twitter ataupun tweet Twitter ke Facebook, banyak yang bertanya perihal auto post dari & ke Google Plus (G+). Sayangnya, Google belum berbagi API Google+ hingga beberapa developer belum bisa mengembangkan aplikasi untuk menghubungkan atau lakukan autopost dari Google+ ke social media lain ataupun sebaliknya.

Apa sih keuntungan lakukan auto post status? Seorang user bisa mengemukakan informasi (status) dari satu social media ke social media lain tanpa mesti posting/menuliskan satu persatu ke tiap-tiap social media. Dengan aplikasi spesifik, user bisa menulis satu status dengan sekali post saja. Setelah itu, dengan viral, aplikasi dapat menyebarkan ke social media lain dengan otomatis.

Kembali ke Google+. Layaknya yang telah dijelaskan, Google+ belum sangat mungkin ada aplikasi yang berperan layaknya itu. Tetapi, kita bisa mengakalinya gunakan service spesifik dan menggunakan aplikasi yang telah ada. Sekurang-kurangnya, kita bisa lakukan auto publish dari Google+ ke Twitter & Facebook. Sistem kerjanya yaitu seperti berikut :

Mendaftarkan halaman post Google+ ke sesuatu service pelayanan tersebut membaca tiap-tiap up date Google+ post tersebut diteruskan ke Twitter (sesudah lakukan verifikasi aplikasi service) gunakan aplikasi auto publish tweet, post tersebut diteruskan ke Facebook.

Cara auto post Google+ ke Twitter & Facebook. Layaknya yang diterangkan diatas, ada service yang mempublish menulis Google+ ke Twitter. Service tersebut sesungguhnya tidak menggunakan API, tetapi berlangganan menulis user di Google+ serta meneruskannya jadi tweet di Twitter. Service tersebut yaitu manageflitter. Berikut langkah selengkapnya :

A. Auto Post dari Google+ ke Twitter
  1. Masuk ke halaman G+ Sync.
  2. Hubungkan dengan Google+ anda. Masukkan URL ID Google+, yakinkan akhiri dengan /posts. Perumpamaan : https://plus.google.com/118429127307284257839/posts. URL ID Google Plus bisa dilihat pada halaman profil Google+. Copy URL ID di bagian address bar. Sesudah mendapatkan urlnya + diakhiri /posts, masukkan ke dalam kolom.
  3. Connect & Authorize dengan akun Twitter.
  4. Sesudah sistem autorisasi selesai, maka post/status Google+ dapat terkirim dengan otomatis ke Twitter sebagai tweet. Yakinkan post G+ anda diset ke public dikarenakan manageflitter cuma dapat memposting post yang demikianlah.

B. Auto Post dari Twitter ke Facebook

Bila pingin post tersebut juga terposting dengan otomatis ke Facebook, maka langkah yang mesti dikerjakan belum rampung. Buat auto publish atau menghubungkan tweet ke status Facebook dengan otomatis, langkahnya cukup sederhana :

  1. Yakinkan sudah login di Twitter.
  2. Masuk ke halaman https://twitter.com/settings/profile. Tengok di bagian sangat bawah (Facebook).
  3. Connect Account Twitter dengan Account Facebook, tentukan profile/page yang pingin dikaitkan.

    Cermati gambar berikut yang tunjukkan urutan prosesnya :

    Hubungkan Google+ ke Facebook Serta Twitter (Auto Post 3 in 1 Mode)

    Klik post your tweets to Facebook

    Hubungkan Google+ ke Facebook Serta Twitter (Auto Post 3 in 1 Mode)

    Bila Account telah benar, klik connect to Facebook

    Hubungkan Google+ ke Facebook Serta Twitter (Auto Post 3 in 1 Mode)

    Tentukan halaman profile/page yang pingin dihubungkan

  4. Sesudah setting selesai, save.

Dengan beberapa langkah diatas, saat ini anda bisa menghubungkan Account Google Plus dengan Twitter serta Facebook cuma dengan satu langkah saja. Sekian cara Hubungkan Google+ ke Facebook Serta Twitter (Auto Post 3 in 1 Mode) Semoga tips kecil ini berguna.

Have a nice social networking and blogging !!! 🙂

Please rate this

Categories:   Tips Trik

Comments on Hubungkan Google+ ke Facebook Serta Twitter (Auto Post 3 in 1 Mode)

  • Riyan Sumarno

    Test !!! 🙂