VanBumen Explore

Menu

Mau Download? Perhatikan Dulu 6 Hal Wajib Ini Sebelum Download

Software gratis merupakan di antara perihal yang sangat dicari di internet. Tetapi sayangnya tidak seluruh free software itu aman. Banyak sekali pihak yang tak bertanggung jawab jadikan software gratis sebagai “senjata” untuk menginfeksi computer untuk keuntungan pribadi mereka.

Karenanya sebelum saat mendownload software gratis, Anda mesti meyakinkan terlebih dulu bahwa software tersebut aman serta terpercaya. Memastikan apakah sesuatu file yang didownload itu aman atau tidak merupakan sesuatu skill basic yang butuh dikuasai oleh pengguna computer, terlebih pengguna Windows.

Untuk pengguna computer yang telah “terlatih”, umumnya mereka telah mempunyai “insting” perihal aman atau tidaknya suatu software. Namun untuk pengguna computer pemula, memastikan aman atau tidaknya suatu software tidaklah mudah. Karenanya melewati artikel ini dapat VanBumen jelaskan hal yang wajib dilakukan sebelum download software gratis di internet.

1. Yakinkan Developernya Terpercaya

Bila Anda tahu developer atau perusahaan pembuat software tersebut terpercaya, maka Anda tak perlu cemas. Contoh, software gretongan bikinan Microsoft, Google atau terlebih pengembang kecil yang terpercaya, Anda dapat segera mendownload serta menggunakan software buatan mereka.

Bila software yang dapat Anda download dibikin oleh developer yang belum dulu Anda dengar pada mulanya, maka Anda butuh meyakinkan apakah developer tersebut terpercaya atau tidak.

Cobalah teliti situs official mereka, atau googling untuk melacak review perihal developer tersebut. Yakinkan juga Anda mendownload software dari website resmi mereka, tidak dari website palsu yang banyak bertebaran di internet. Umumnya saat Anda mengetikkan nama software tersebut di Google, maka website aslinya dapat nampak di urutan paling atas.

2. Yakinkan Download Dari Website Yang Terpercaya

Waktu mendownload, yakinkan Anda mendownload dari website officialnya. Umumnya saat Anda mengetikkan nama software tersebut di Google, maka website officialnya dapat nampak di urutan paling atas. Untuk software yang disimpan di tak hanya website official, yakinkan Anda mendownload dari website yang terpercaya.

Contohnya saja untuk software Windows Anda dapat mendownload dari CNET Download atau FileHippo, namun untuk software open source Anda dapat mendownload dari Sourceforge.

3. Yakinkan Anda Melacak Review Software Tersebut

Sebagian website download umumnya dapat memasukkan review dari software tersebut. Namun tak ada salahnya untuk googling melacak review tambahan. Cobalah ketikkan “nama software review” di dan melalui Google, kemudian mencari referensi dari beberapa bagian pengguna software tersebut.

Umumnya Anda dapat mendapatkan berlebihan serta kekurangan software tersebut dari pengguna yang telah mencobanya.

4. Scan Dengan Antivirus

Sebelum saat menginstall software yang telah Anda download, yakinkan Anda scan terlebih dulu dengan antivirus. Anda dapat menggunakan VirusTotal atau antivirus yang terinstall di computer Anda. Bila Anda pengguna Windows, Anda dapat menggunakan Windows Defender yang telah built-in di OS Windows.

5. Cermati Sistem Instalasi

Software gratis umumnya dilengkapi dengan toolbar atau aplikasi lain yang sesungguhnya tidak kita perlukan. Cermati sistem instalasi dengan seksama, serta hilangkan centang instalasi toolbar atau crapware yang diikutkan di installer tersebut.

6. Install Dengan Terisolasi (Opsional)

Bila Anda tidak meyakini dengan keamanan software yang Anda download, Anda dapat mencobanya terlebih dulu di Virtual Machine atau di Sandbox menggunakan Sanboxie. Software yang diinstall dengan terisolasi tak lagi merubah sistem utama. Lantas bila software tersebut bikin sesuatu pergantian yang mengakibatkan kerusakan, sistem computer Anda tak lagi dipengaruhi.

Tersebut di atas yaitu tentang hal yang wajib dilakukan sebelum download serta menginstall software gratis. Barangkali 6 perihal tersebut tampak repot awal mulanya, namun makin lama Anda dapat punya kebiasaan serta “insting” Anda untuk membedakan software mana yang aman serta mana yang tak lagi makin terasah. Semoga berguna 🙂

Please rate this

Categories:   Tips Trik

Comments on Mau Download? Perhatikan Dulu 6 Hal Wajib Ini Sebelum Download