VanBumen Explore

Menu

Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa

Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa – Tidak menerima masukan energi ke dalam tubuh dari terbit matahari sampai terbenamnya matahari membuat tubuh anda menjadi lemah di tengah hari, yang mengganggu aktiviitas keseharian kita mulai dari bekerja, kuliah dan lain sebagainya. Untuk mengatasinmhal tersebut berikut saya bagikan beberapa tips agar disaat puasa kita menjadi lebih bisa hidup layaknya tidak puasa.

Dalam keadaan tak puasa, volume cairan yang hilang dari tubuh setiap hari  antara 1.000-4.500 ml. Entah itu melalui keringat, Buang Air Besar, buang air kecil, dan insensible water loss (kehilangan cairan yang tidak terasa, misalnya sewaktu tidur). Karena selagi menjalankan puasa mau tidak mau anda harus menunggu sampai saat berbuka tiba untuk menggantikan cairan yang hilang tersebut.

Bagi beberapa orang, saat-saat seperti ini membuat mereka rentan terhadap serangan dehidrasi.Yang terasa dengan munculnya rasa letih-lesu, tidak nyaman, konsentrasi berkurang, sakit kepala, haus, mual, bahkan bisa juga jatuh pingsan. Dehidrasi juga bisa membuat kulit menjadi kering,Tanda-tanda kulit kering adalah terbentuknya garis kerut halus, terutama di tulang pipi, sekitar mata, dan dahi. Akjan terasa gatal, kaku, dan kemerahan di kulit. Bila berlangsung terlalu lama, akan terjadi kematian sel sehingga kulit mengelupas dan menjadi kusam. Bila dehidrasi terjadi pada saat puasa, maka kerusakan kulit akan lebih parah, karena cairan yang hilang tidak segera tergantikan.

Sebagai upaya pencegahan, Anda harus meng-imbangkan volume cairan yang masuk dan yang keluar dari tubuh. Dengan cara membagi asupan kebutuhan di antara waktu berbuka dan sahur.

Selain itu minumlah secukupnya saja, karena minum terlalu banyak justru bisa menyebabkan distensi (penggelembungan) lambung yang menimbulkan rasa mual dan muntah. Karena di saat puasa, lambung lebih sensitif.

Kurangi aktivitas outdoor yang membuat Anda rentan kehilangan banyak cairan. Bagi Anda yang pekerjaannya banyak di luar ruangan, disarankan lindungi kepala dari paparan sinar matahari. Mengenakan pakaian berwarna cerah dan ringan bertujuan agar membantu ‘menolak’ sinar matahari dan menghindari keringat berlebih. Biasakan untuk berganti pakaian dan menyeka keringat agar tidak penumpukan keringat di permukaan kulit. Keringat yang menutup pori dapat mengganggu transfer panas tubuh serta memunculkan berbagai gangguan, seperti kulit kering atau bibir pecah-pecah.

Ozal 18

Please rate this

Categories:   Tips Trik

Comments on Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa