VanBumen Explore

Menu

Komunitas Musik Etnis Indonesia

Sebuah komunitas sekaligus portal musik etnis telah dibuka khusus untuk musik etnis atau musik tradisional. Memang situs ini tergolong masih baru karena baru dilaunching sejak awal Januari 2012. Yang menarik tentunya tempat ini menjadi tempat untuk menampung bagi orang-orang yang ingin berkarya di musik tradisional. Para musisi tradisional Indonesia dapat memanfaatkan media untuk membuat karyanya dikenal masyarakat.

Situs ini adalah buah karya dari seorang mahasiswa ITB, Archie Anugrah. Hasil penelusuran kami memang terlihat bahwa situs tersebut belum banyak album yang masuk. Hanya ada satu album yaitu Artmoschestra Digital Ethnic – Nagara Kretagama United Jilid I karya Redy Eko Prastyo. Visi sang pembuat situs tersebut adalah untuk melestarikan musik etnis Indonesia yang merupakan salah satu budaya bangsa, nantinya diharapkan dapat terbentuk sebuah komunitas musisi etnis yang bisa membawa budaya untuk saling berbagi dan membawa daya tarik lebih bagi masyarakat.

Saat ini musik etnis dan tradisional asli Indonesia seakan mulai tertutup oleh popularitas musik-musik pop dan musik luar negeri. Bahkan upaya pelestariaan budaya ini sepertinya juga perlu dibina sejak dari kecil sampai mahasiswa. Tentunya dengan hadirnya UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang fokus pada kegiatan kesenian daerah patut terus didukung. Sebagai contoh Unit Kesenian Bali MGG ITB yang berani berkolaborasi membuat album bersama Tesla Manaf Effendi.

Jika anda tertarik untuk bergabung untuk dapat mengirimkan demo ke experianetlabel@gmail.com. Mari kita dukung karya anak bangsa ini yang mengembang misi mulia untuk melestartikan musik tradisional.

# Posting Rintisan, dimuat ulang dari sekolahkampus.com
Foto dari rollingstone.co.id

Please rate this

Categories:   Hiburan

Comments on Komunitas Musik Etnis Indonesia