VanBumen Explore

Menu

Why “Must” Reads?

Why “Must” Reads? – Suatu hari ketika saya berjumpa dengan saudara yang sedang duduk pada sore hari di depan terasnya. Di tangannya terdapati sedang memegang sebuah buku. Saya tidak yakin betul apakah dia membaca buku dengan baik, ditengah terpaan angin sore yang sepoy-sepoy asoy. Maklum jika berpikiran begitu, karena sengerti saya dia gampang ngantuk. Memang benar ia, meja yang ada di sampingnya terdapati segelas kopi. Saya juga belum yakin apakah kopi itu cukup untuk membantunya terjaga penuh saat membaca.

“Sedang membaca buku apa?” tanya saya padanya.
“Pikiran Indah (Beautiful Mind)”, jawab dia sambil menyambut sapaan tangan saya.
“Karangan dari Sylvia Nasar, ya?”
“Ia, buku ini sangat menyentuh. Ini untuk kedua kalinya saya membaca buku ini”.

Beautiful Mind adalah buku hasil ide dan tulisnya Sylvia Nasar, buku ini memang yang paling menarik. Buku ini menggambarkan kehidupan John Nash, sang matematikawan peraih Nobel yang dikecam oleh schizophrenia hingga bertahun-tahun. Akhirnya ia sembuh di masa-masa hari tuanya. Walaupun tidak heran mengapa dia membaca untuk kedua kalinya, karena saya pun melakukannya kadang-kadang untuk buku tertentu, Dengan iseng saya bertanya ke saudara ini.

“Emm, mengapa si harus baca buku?” Ia tercengang, tidak menyangka bahwa saya bertanya seperti itu yang “barangkali” terdengar bodoh. Jawaban dia hanya tiga kata “Mau minum kopi?”.Pulang dari rumah saudara, pertanyaan yang sama saya pertanyakan terhadap diri saya sendiri dirumah. “Kenapa saya membaca buku?” Saya mencoba merespon pertanyaan ini, jawaban-jawaban dari pertanyaan diatas cukup banyak.

1. Membaca membentuk sel-sel saraf otak untuk (bekerja) berdenyut. Baik buat otak agar tidak cepat haus karena di dibiarkan kurang untuk berpikir aktif.

2. Karena membaca, saya memperoleh ilmu dari semua guru yang ada di berbagai belahan Dunia.

3. Membaca dapat mengasah kemampuan kita untuk menggunakan diksi dan kosakata yang tepat.

4. Membaca dapat mengetahui budaya dan lokasi lain, walaupun belum bisa berkunjung (mengunjunginya).

5. Membaca melatih kita berkonsentrasi & fokus terhadap sesuatu yang ada di hadapan kita.

6. Buku dapat meberikan inspirasi dan memantik munculnya gagasan baru dari benak “hati” kita.

7. Membaca buku juga membuat kita terhibur layknya kita sedang berpetualang melalui isi buku yang sedang kita baca.

Sebenarnya jawaban dari pertnyaan “Mengapa Membaca Buku?” masih banyak, Mungkin Anda ingin memberi tambahan? Hal apa yang bisa buat Anda bergerak untuk membaca buku?

RIYAN | VANBUMEN

Please rate this

Categories:   Gaya Hidup, Umum

Comments on Why “Must” Reads?