VanBumen Explore

Menu

Tips Turunkan Resiko Serangan Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di era modern. Tidak hanya di negara maju, di negara berkembang seperti Indonesia juga. Perubahan lingkungan, pola makan, gaya hidup, sebagian harus disalahkan atas meningkatnya kasus gagal jantung.Beberapa kondisi, seperti usia, hipertensi, aritmia, kolesterol tinggi, diabetes, stres dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.Tips di bawah ini mudah-mudahan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke:

  1. Latihan setiap hari. Anda tidak perlu olahraga berat untuk mengurangi resiko ini. Anda tidak perlu menjadi maraton dua jam per hari, olahraga moderat saja dapat mengurangi risiko serangan jantung 30-50 persen. Latihan aerobik, seperti jalan cepat, joging selama 30 menit yang Anda lakukan setidaknya 5 kali seminggu sudah cukup. Sayangnya, kebanyakan dari kita sangat sulit untuk memulai dan tetap. Bahkan, kontinuitas adalah penting. Jika Anda adalah maraton 2 jam, atau bermain tenis seminggu sekali, sementara Anda sudah cukup tua, pada kenyataannya dapat memacu serangan jantung.
  2. Menurunkan berat badan Anda. Obesitas dengan segala konsekuensinya merupakan faktor risiko penting untuk serangan jantung. Bila Anda overweght atau obesitas, kita tahu dari Anda BMI, atau bahkan berat badan normal, tetapi lemak perut Anda, Anda harus mengurangi itu. Menurunkan berat badan hanya 5-10 persen dari berat badan Anda saat ini dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah dan gula darah.
  3. Pertimbangkan piring Anda. Isi sebagian besar piring Anda dengan sayuran, buah-buahan, makanan yang mengandung banyak serat. Meningkatkan protein Anda dari kacang-kacangan, ikan, dan sedikit daging merah. Jika Anda ingin makan daging, pilihlah yang tidak mengandung lemak. Memilih makanan sehat saja dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 24 persen. Menu diet Mediterania mengandung banyak sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan ikan terbukti dapat menurunkan risiko serangan jantung.
  4. Berhenti merokok. Merokok dianggap sebagai faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. Risiko Anda meningkat 2-4 kali menderita penyakit jantung koroner dibanding bukan perokok. Di Amerika Serikat setiap tahunnya 46.000 orang meninggal karena serangan jantung hanya karena perokok pasif begitu. 443.000 kematian akibat serangan jantung akibat langsung dari merokok. Jadi, berhenti merokok adalah salah satu tips penting bagi Anda untuk mengurangi resiko ini.
  5. Jika Anda mengambil obat jantung, jangan pergi. Obat jantung yang diberikan oleh dokter, dokter yang kompeten harus membuat Anda makan. Penelitian menunjukkan 130.000 orang meninggal setiap tahun di Amerika karena serangan jantung yang disebabkan oleh tidak makan jantung obat yang diberikan.
  6. Makan sedikit cokelat. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa makan coklat beberapa kali seminggu menurunkan risiko jantung 40 persen penyakit, 30 persen diabetes dan stroke. Tetapi tidak ada kepastian bahwa jumlah tersebut aman bagi Anda untuk mengkonsumsi cokelat. Oleh karena itu sesuai dengan prinsip, meskipun baik, jumlah yang berlebihan mungkin tidak baik juga. Jadi, untuk mendapatkan keuntungan tanpa resiko, mengkonsumsi dalam jumlah sedang, tidak berlebihan.
  7. Alkohol. Bagi Anda yang minum alkohol, sedikit alkohol juga dapat menurunkan risiko serangan jantung. Tapi karena alkohol adiktif, mempertahankan jumlah yang aman, agak sulit. Sementara itu, jika Anda minum alkohol berlebihan justru meningkatkan risiko Anda.
  8. Jaga kesehatan gigi Anda. Bersih gigi, risiko kesehatan Anda lebih rendah dari serangan jantung. Gigi juga dapat menjadi focal infeksi yang bisa menyebar ke hati. Gigi sehat dapat mencerminkan kesehatan jantung. Periksa dengan keadaan gigi Anda ke dokter gigi secara berkala.
  9. Jangan makan berlebihan. Tidak hanya memilih diet yang sehat adalah penting bagi jantung Anda. Makan berlebihan dapat memacu serangan jantung. Serangan jantung sering terjadi 2 jam setelah Anda makan berlebiham (makan besar). Anda makan sedikit lebih baik, kemudian diulang lagi. Nabi Muhammad menganjurkan, isi sepertiga perut dengan makanan, satu air ketiga dan satu-sepertiga dari kosongkanlah lainnya.
  10. Bersabarlah. Kesabaran dalam menghadapi stres kehidupn sekarang sangat penting. Karena stres hiper pasti selalu berada “nang ngarep” mata. Tidak sedikit kasus ini yang dipicu oleh stres Anda menemukan sikap ini. Marah, adalah sikap tidak sabar yang sudah fanatik sering menerdepankan penyakit ini.
  11. Tersenyum. Selalu menghiasi wajah Anda dengan senyum. Senyum adalah obat, senyum yang Anda sebarkan kepada siapa pun akan kembali untuk Anda sendiri. Senyum membuat Anda senang, bahagia, senang, bahagia, hatimu akan berdebar lebih tenang dan teratur. Dengan senyum lebih mudah untuk mengontrol emosi Anda.
  12. Kenali gejala jantung dengan baik. Ketika Anda memahami gejala serangan jantung dengan baik, risiko kematian akibat serangan jantung juga menurun. Dengan mengetahui gejala, tentu saja Anda akan leibih cepat mencari bantuan. Dapatkan bantuan cepat dan tepat menentukan hasil dari terapi yang diberikan.

RIYAN | VANBUMEN

Please rate this

Categories:   Gaya Hidup

Comments on Tips Turunkan Resiko Serangan Jantung