VanBumen Explore

Menu

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan – Puasa merupakanberhenti sejenak dari kegiatan makan dan minum yang di mulai dari fajar(shubuh) sampai terbenamnya matahari di sisi barat. Tidak hanya itu puasa juga menahan dari hawa nafsu seperti halnya emosi amarah yang berlebih.

Sebagian orang beranggapan bahwa puasa hanya penyebab penyakit datang karena berhentinya pola makan sehari-hari yang tadinya tiga kali sehari menjadi dua kali sehari saja. Hal itu membuat badan menjadi lemas dan lesu untuk melakukan segala kegiatan di siang hari. Selain itu, pola makan di malam hari di anggap sebagai penyebab utama mningkatnya kolesterol dan berat badan.

Akan tetapi anggapan seperti itu sebenarnya salah besar, karena sesungguhnya puasa itu membawa keuntungan yang sangat besar bagi kesehatan manusia. Berikut beberapa keuntungan puasa bagi kesehatan manusia :

  1. Menyembuhkan Dengan Cepat

    Hari-hari awal berpuasa memang menjadi saat-saat yang tersulit. Tubuh akan mengeluarkan sejumlah besar racun melalui aliran darah, pori dan organ pembuangan lainnya. Semua ini bisa dirasakan dari menebalnya lapisan lidah dan nafas yang biasanya lebih berbau pada hari-hari pertama.

    Setelah puasa berlanjut pada hari-hari setelahnya, proses pembersihan tubuh disempurnakan. Lemak tubuh yang tidak bermanfaat, racun yang terakumulasi dalam sel tubuh akan dikeluarkan. Sel yang sakit, sel-sel mati, lapisan lendir menebal di dinding usus, limbah aliran darah dikeluarkan lewat hati, limpa, dan ginjal.

    Tubuh akan menggunakan mineral penting dan vitamin untuk membuang racun dan jaringan tua. Saat beban racun tubuh berkurang, efisiensi setiap sel ditingkatkan. Sehingga mempercepat proses penyembuhan dan sekaligus menghemat energi.

  2. Lebih Energik

    Mengapa orang merasa lebih energik setelah berpuasa? Selain itu, rasa lapar orang yang berpuasa berkurang dibandingkan saat normal.

    Mungkin hanya sebagian orang saja yang mengetahui bahwa tubuh memerlukan energi besar untuk mencerna makanan. Berhentinya proses sistem pencernaan, Sehingga energi disimpan digunakan untuk menyembuhkan diri dan memperbaiki sel tubuh.

    Energi akan digunakan untuk membersihan dan detoksifikasi usus, darah, serta menyembuhkan sel-sel tubuh dari berbagai penyakit. Dengan berpuasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta meremajakan tubuh kembali.

Selain keuntungan puasa seperti diatas masih banyak yang lain seperti manfaat khusus berikut ini yang saya paparkan :

  • Mengatasi kecanduan kafein, rokok, nikotin, narkoba dan alkohol.
  • Puasa membantu menurunkan kadar kolesterol.
  • Puasa mengurangi gangguan sistem pencernaan seperti sembelit, kembung, dan gastritis.
  • Puasa dengan kontrol pada penderita diabetes membuat perubahan gaya hidup dan pola makan sehingga akan memperbaiki kondisi mereka.
  • Puasa meningkatkan kewaspadaan mental. Racun yang dibersihkan dari sistem limfatik meningkatkan konsentrasi dan energi untuk melakukan aktivitas.

Demikianlah pengetahuan yang bisa saya bagi kepada anda-anda semua semoga bisa menjadi tambahan ilmu dan bisa bermanfaat dalam kehidupan anda sehari-hari. Terimakasih J

Please rate this

Categories:   Gaya Hidup

Comments on Manfaat Puasa Bagi Kesehatan