VanBumen Explore

Menu

5 Makanan Sehat Saat Berbuka Puasa

5 Makanan Sehat Saat Berbuka Puasa – Sehat merupakan dambaan bagi semua manusia karena dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan berbagai aktivitas keseharian kita. Saat berpuasa, umat Islam memang diwajibkan untuk tidak makan mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Mengurangi makan saat berpuasa bukan berarti Anda harus mengurangi kualitas makanan. Saat berbuka, pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan dalam sehari, hal ini brtujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh agar bisa di gunakan untuk berajtivitas. Berikut beberapa makanan yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh walaupun disaat puasa.

  1. Kurma

    Kurma memiliki kandungan glukosa dan fruktosa, serta kandungan kalium yang sangat tinggi (hampir 64% lebih banyak dari pisang). Tak hanya itu, kurma juga mengandung beta-D-glukan, serat larut yang sangat bagus untuk kesehatan. Bagi Anda yang sedang mengurangi berat badan, kurma akan meningkatkan perasaan kenyang, sehingga Anda tak perlu khawatir akan makan berlebihan.

  2. Madu asli

    Madu mengandung banyak phytochemical dan flavonoid yang bagus untuk meningkatkan kesehatan. Tak hanya itu, madu juga bisa menjadi sumber energi dan anti bakteri. Tes oRAC menunjukkan bahwa madu adalah makanan alami yang memiliki kandungan anti oksidan tertinggi di dunia. Mengonsumsi madu 1 – 2 sendok makan setiap hari saat berbuka dan sahur akan menjaga kebugaran Anda selama berpuasa. Sehingga sangat berguna bagi anda yang beraktivitas padat di siang hari di bulan Ramadhan.

  3. Ikan

    Makan ikan secara teratur akan memberikan efek positif pada kesehatan. Minyak ikan EPA dan DHA terbukti mampu memperbaiki fungsi otak, meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi peradangan. Beberapa ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, tuna, ikan cod, dan ikan nila.

  4. Buah ara

    Buah ara mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium. Buah ara juga kaya serat yang bagus untuk melancarkan pencernaan. Sebagai makanan alkali, buah ara juga bisa menyeimbangkan pH tubuh yang asam.

  5. Minyak zaitun

    Minyak zaitun mengandung omega 9 dan asam lemak oleat. Minyak zaitun telah terbukti mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Minyak zaitun juga kaya anti oksidan. Saat memasak untuk berbuka sangat baik jika Anda menggunakan minyak ini, karena memiliki banyak fungsi yang baik untuk tubuh.

Itulah lima makanan sehat yang bisa Anda konsumsi saat berbuka puasa. Selalu memilih makanan sehat dan berkualitas akan membantu Anda menjaga kesehatan tubuh selama puasa.

Ozal 18

Please rate this

Categories:   Gaya Hidup

Comments on 5 Makanan Sehat Saat Berbuka Puasa