VanBumen Explore

Fakta Tentang Tersambar Petir

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kamu kalo sumpah suka bilang apa? Tersambar gledek? Kamu tau gak apa yang terjadi kalo kamu tersambar petir? Kalo menurut komik DC, tersambar petir dan beberapa lain hal bisa bikin kamu jadi the Flash. Kalo menurut Marvel, kalo tersambar petir pas lagi nangkring di tiang listrik, kamu bisa punya kekuatan listrik super. Kalo menurut Highlander, bisa dapetin kekuatan dan kepintaran lawan. Kalo kartun-kartun sih, jadi gosong gitu.

Efek tersambar petir menurut DC Comics.

Nah sebenernya kalo tersambar petir di dunia nyata apa yang terjadi sih? Nih VanBumen Explore kasih tau fakta tentang tersambar petir!

Jenis Sambaran Petir

Tersambar petir ternyata gak cuma badan kena sambar petir langsung, tapi ada 5 jenisnya:

1. Direct Strike – Petirnya langsung nyamber badan kamu, atau benda yang lagi kamu pegang, misalnya stik golf atau tongkat baseball gitu.

2. Side Flash – Ini kayak kecipratan gitu. Petirnya nyamber benda yang ada di sebelah kamu, terus dari situ kamu juga kena sambar.

3. Contact Potential – Ini kalo petirnya nyamber benda gede yang lagi kamu sentuh, misalnya pohon, tiang listrik, tiang bendera atau pager. Listrik dari petir menjalar dari benda itu, ke badan kamu.

4. Step Voltage – Ini kalo petirnya nyamber tanah deket kamu, listriknya bakal menjalar ke tubuh kamu juga. Ini musti bener-bener deket sama titik sambaran sih baru bisa kejadian

5. Surge Voltage – Kalo yang ini, petirnya nyamber benda elektronik yang kamu lagi pake. Misalnya telepon, atau Internet dial-up. Petirnya nyamber tiang/kabel telepon, terus menjalar lewat kabel dan akhirnya sampe ke kamu.

Kalo ini tersambar petir apa tersambar api?

Dari 1-5, jelas yang paling bahaya adalah kalo kena sambar langsung. Sebagian besar korban yang kena direct strike meninggal. Terus makin kebawah, efeknya makin berkurang walaupun tetep aja bahaya. Efek sambaran petir akan berkurang kalo kamu makin jauh dan makin banyak medium antara titik sambaran dan tubuh kamu. Makanya Surge Voltage itu yang efeknya paling kecil dibandingin yang lain.

Apa Yang Terjadi Ketika Kamu Tersambar Petir?

Tubuh manusia itu sebenernya adalah konduktor listrik yang cukup baik. Karena sistem syaraf manusia sendiri pun bekerja dengan mengirimkan impuls listrik diantara atom-atomnya.

Nah ketika badan kamu tersambar petir, ada listrik sebesar 300 kV yang menjalar melewati badan kamu. Bedain kalo kesetrum benda yang dicolok ke stop-kontak, karena listrik dari stop kontak besarnya cuma 20-60 kV. Terusnya lagi, ketika kamu tersambar petir, listriknya bakal menjalar dan mencari titik untuk keluar, biasanya kaki. Nah di titik tempat kamu tersambar dan titik listrik itu keluar, suhunya bakal melonjak menjadi 28.000 C, 5 kali lebih panas dari permukaan matahari, yang menyebabkan luka bakar parah. Dan sering kali ada bekas luka berbentuk kilatan petir yang diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah bagian badan yang teraliri listrik.

Pernah liat kan di film-film, kalo ada orang mau meninggal, jantungnya disetrum pake defibrillator? Nah sambaran petir itu efeknya begitu. Merusak detak jantung dan membuat serangan jantung, dan merusak pembuluh darah serta otot-otot jantung.

Tapi direct strike gak selalu fatal. Ada kasus dimana ketika tubuh teraliri listrik, kadang tubuh malah membuat voltase cukup tinggi supaya aliran listrik tersebut bisa “menyala” lewat kulit atau baju dan langsung menuju ke tanah, menyebabkan sang korban sambaran petir tidak mengalami efek yang buruk.

Sebahaya Apa Sih Jadi Intinya?

Menurut statistik, direct strike itu sebenernya jarang banget kejadian, dan 90% dari korban tersambar petir gak meninggal. Mereka tetep hidup walaupun harus membayar mahal.

Mungkin lebih mahal dari mobil ini…

Selain luka bakar, korban tersambar petir bisa diselamatkan kalo cepet diberikan pertolongan medis. Tapi mereka gak 100% sehat. Korban tersambar petir biasanya menderita penyakit jantung dan/atau penyakit syaraf seperti dari gangguan tidur, perubahan kepribadian, sampai kelumpuhan. Ada juga korban yang mengalami kerusakan otak yang mengakibatkan amnesia jangka pendek maupun panjang. Ada juga yang koma, durasinya bisa dari beberapa menit sampai tahunan.

Wih. Ngeri ya kalo tersambar petir. Mulai sekarang kalo sumpah jangan tersambar petir deh, mending tersambar duit aja, atau tersambar gebetan. Kan enak.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Categories:   Umum

Comments on Fakta Tentang Tersambar Petir